Langsung ke konten utama

SEJARAH SINGKAT KELURAHAN PANGERAN


Pemerintah  Kelurahan yang merupakan perangkat daerah Kabupaten/Kota berdasarkan UU No. 32 tahun 2004 adalah perpanjangan tangan Bupati/Walikota yang langsung bertanggungjawab pada Bupati/Walikota melalui Camat sebagai atasan langsung dari Lurah. Pejabat Lurah diangkat/diberhentikan oleh Bupati/Walikota melalui usulan Camat.

Pemerintah Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dimana secara langsung berhadapan dengan masyarakat memberikan pelayanan serta menyampaikan program-program pemerintah baik dibidang pembangunan maupun sosial ekonomi, serta menjaga ketertiban umum serta menjalankan pemerintahan umum lainnya.

Dalam pembinaan administrasi kelurahan, Pemerintah Kecamatan serta Pemerintah Kota diharapkan tetap memberikan pembinaan berupa peninjauan, pengawasan serta melengkapi sarana yang menjadi kebutuhan Kelurahan yang disesuaikan dengan kemampuan APBD Kabupaten/Kota masing-masing.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 140/502 tanggal 22 September 1980 tentang penetapan desa menjadi Kelurahan, maka sejak saat itu resmilah Desa Pangeran menjadi Kelurahan Pangeran wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara Daerah Kota Banjarmasin.

Seiring dengan pembinaan administrasi Kelurahan maka Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara merupakan salah satu dari 52 Kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin yang sekarang dijabat oleh lurah HAIRIE RAHMAN, S.Sos yang dilantik pada tanggal 20 April 2012. Setelah dilantik beliau berusaha semaksimal mungkin dalam pembinaan administrasi serta berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat sehingga bisa sejajar dengan Kelurahan – Kelurahan lain yang di Kota Banjarmasin.

            Adapun lurah yang pernah menjabat di Kelurahan Pangeran yaitu :

1.  H. Suriadi                    Periode Tahun 1994  - 1998

2.  Agusriansyah              Periode Tahun 1998 – 2001

3. Ambiya                        Periode Tahun 2002 – 2007

4. Lukman                        Periode Tahun 2007 – 2008

5. Zainal Ilmi                   Periode Tahun 2008 – 2010

6. Rusmayadi                   Periode Tahun 2010 – 2012

7. Hairie Rahman            Periode Tahun 2012 – sekarang


Kantor Lurah Pangeran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Tingkat Kelurahan Tahun 2021

Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Kelurahan, Kelurahan Pangeran  Kegiatan Rakorbang Rabu Tanggal 15 Desember 2021       Kegiatan Rakorbang   Bertempat di Kantor Kelurahan Pangeran Jl. Perdagangan RT. 22 Banjarmasin Hari Rabu tanggal 15 bulan Desember Tahun 2021 bertempat di Kantor Kelurahan Pangeran telah diselenggaran Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Tingkat Kelurahan RKPD Kota Banjarmasin di Kelurahan Pangeran yang dihadiri oleh Ketua Dewan Kelurahan, seluruh Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan SKPD Terkait.